> Trenggalek : Proyek Bendungan Nglinggis Pasti Dibangun | Prigibeach Trenggalek

Trenggalek : Proyek Bendungan Nglinggis Pasti Dibangun


Trenggalek (Prigibeach.com) - Wacana pembangunan Bendungan Nglinggis di Desa Nglinggis Kecamatan Tugu semakin menguat.
Dalam pertemuan antara tim Provinsi Jawa Timur, Pemkab Trenggalek dengan DPRD Kabupaten Trenggalek kemarin Senin(9/8) direncanakan, 2011 mendatang proses pembebasan lahan mulai dilaksanakan. Selain masalah pembebasan lahan, pemerintah daerah juga dibebani menyelesaikan dampak sosialnya.

”Sesuai kesepakatan seperti itu. Tapi, semua kan masih perencanaan,” ujar Mugianto Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Trenggalek.

Tidak hanya itu. Seluruh biaya pembebasan lahan sepenuhnya dibebankan pemerintah daerah. Diperkirakan total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 11 miliar.”Itu hitungan kasarnya. Masih akan dirinci kembali,” kata Mugianto.

Sementara untuk pembangunan fisik bendungan, sepenuhnya dibebankan pemerintah pusat melalui dana APBN. Perkiraan awal, proses pembangunan Bendungan Nglinggis membutuhkan anggaran Rp 300 miliar.”Kalau itu bukan tanggungan kita. Pusat yang menyediakan,” terang legislator yang akrab dipanggil Obeng ini.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah(Bappeda) Pemkab Trenggalek Imam Suprapto menyampaikan, ada empat alternative yang ditawarkan terkait pembangunan. Setelah melalui berbagai pertimbangan, disepakati pembangunan Bendungan Nglinggis mengunakan alternative ketiga.”Semuanya masih sebatas perencanaan. Untuk prasyarat, makanya kami sampaikan kepada tim dari provinsi,” paparnya.

Alasannya, menurut Imam Suprapto alternative ketiga secara finansial tidak terlalu besar. Sebab, hanya sekitar 77 kepala keluarg(KK) dengan 60 unit rumah yang akan direlokasi. Begitu pula dengan lahan pertanian berupa tegal, sawah atau sejenisnya.”Kalau ditimbang memang demikian. Tapi, masih akan kami telaah lebih jauh lagi,” kata Imam.

Begitu pula soal keuntungan ekonomis yang akan diperoleh. Kabupaten Trenggalek akan lebih banyak memperoleh debet air dari Bendungan Nglinggis. Sebab, areal bendungan lebih banyak berada di wilayah Kabupaten Trenggalek.”Memang. Keuntungannya lebih besar daripada alternative lainnya. 74 Persen airnya lebih banyak ke kita,” Imam lagi.

Ditambahkan Imam, untuk alternative I, dari segi teknis menguntungkan. Namun, secara ekonomis Kabupaten Trenggalek sebagai daerah yang punya gawe merugi. Sebab, wilayah yang akan dijadikan bendungan begitu pula pemanfaatan airnya lebih banyak Kabupaten Ponorogo. Begitu pula alternative kedua. Berdasar hitungan teknis, merugi. Tak terkecuali alternative keempat. Selain keuntungan teknis yang dinikmati Kabupaten Trenggalek sangat minim, dampak social yang menjadi tanggungan pemerintah daerah sangat besar. Sebab, setidaknya lebih dari 300 KK yang harus direlokasi. Belum lagi beberapa persoalan lain.(kar/haz)

3 Komentar:

Anonim mengatakan...

saya lebih setuju dengan alternativ 4 karena masih ada 2 aliran sungai dan masyarakat dsa nglinggis mengomentari niat kab trenggalek krang serius dalam pembangunan bendungan dsa nglinggis pda alternativ 3.apa bila alternativ 3 yang dilaksanakan pemkab trenggalekm akan rugi krena lbih terkena dari dampak bendungan.....

Anonim mengatakan...

cah ndeso bilang : klo saya sangat setuju rencana pembangunan bendungan tsb, toh air bendungan dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat trenggalek karena aliran irigasi mengarah ke wilayah tugu,karangan bagian utara dan sktrnya, dan itu paling tidak akan memberi aliran irigasi yang cukup pd musim kemarau,memang semua itu perlu pengorbanan artinya (jerbasuki mowo beo)dan sebaiknya di musyawarahkan serta diberikan solusi dengan sebaik2nya dengan warga di wilayah rencana bangunan waduk agar rencana itu berjalan dengan baik,serta lancar(tidak ada yang merasa dirugikan)

Anonim mengatakan...

Klo jd d bendung msyarakat mw d pindah d mana????
Trus ganti ruginya berapa kali lipat.....????

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.