> Trenggalek Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong dan Hari Kesatuan Gerak PKK | Prigibeach Trenggalek

Trenggalek Canangkan Bulan Bhakti Gotong Royong dan Hari Kesatuan Gerak PKK

Trenggalek (prigibeach.com) - Bupati Trenggalek, Jawa Timur, mencanangkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-39 dan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-8, Kamis (7/7) bertempat di Balai Desa Salamrejo, Kecamatan Karangan. Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forpimda, seluruh Kepala SKPD, anggota Muspika  dan Kades/Lurah  se-Kabupaten Trenggalek, serta tokoh masyarakat Desa Salamrejo.

Camat Karangan, Dra. Hasnawati Wahid, berharap dengan momentum Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bhakti Gotong Royong dapat menumbuhkan kembali semangat gotong royong. Satu-satunya Camat perempuan di Kabupaten Trenggalek ini, juga mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang telah memberikan kesempatan kepada Desa Salamrejo untuk menggelar acara ini.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Imam Suprapto, SH. MM. membeberkan bahwa pengertian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah kegiatan gotong royong masyarakat dalam 1 bulan penuh yang merupakan akumulasi selama 11 bulan. “Tempat pelaksanaannya di desa dan kelurahan se-Kabupaten Trenggalek, sedangkan pencanangannya di Desa Salamrejo Kecamatan Karangan”, tuturnya.  Adapun tujuan Bulan Bhakti Gotong Royong adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong royongan.

Pemkab dalam bulan bhakti gotong royong melakukan kegiatan pemasangan implant kepada masyarakat yang membutuhkan dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, bantuan bibit/benih tanaman intensifikasi pekarangan berupa jambu biji, blimbing cabe, tomat dan lain-lain dari Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan. Selain itu, Bulan Bhakti Gotong Royong ke-8 didukung dengan bantuan stimulan berupa semen dan aspal untuk kegiatan pembangunan fasilitas umum. Jumlah total bantuan semen sebanyak 49.071 sak sedangkan untuk aspal sebanyak 411 drum.

Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Ny. Penny Mulyadi menyampaikan beberapa bentuk bantuan sosial yang telah dilakukan oleh PKK antara lain, pelaksanaan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Trenggalek, pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warga tidak mampu dan masih banyak kegiatan sejenis ini lainnya. Meskipun demikian, Ny. Penny Mulyadi mengungkapkan bahwa sejauh ini apa yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Trenggalek masih sedikit. “Jika diibaratkan apa yang sudah dilakukan PKK saat ini setapak, maka masih ada ribuan bahkan jutaan tapak lagi yang harus ditempuh”,ungkapnya. Istri Bupati Trenggalek ini juga mengharapkan bantuan dari para pria untuk ikut dalam program PKK. “Karena PKK bukan hanya milik perempuan saja, namun bapak-bapak juga bisa turut andil mengembangkan PKK”,tuturnya.

Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek Dr. Ir. Mulyadi WR. MMT. menegaskan kembali pentingnya gotong royong yang saat ini perlahan telah mulai luntur. Satu hal yang menurut Bupati hingga saat ini belum terwujud dalam program kerjanya, yaitu terkait dengan perbaikan sarana infrastruktur yang rusak. Mengingat saat ini kerusakan yang dialami sudah sangat parah, selain itu juga dikarenakan keterbatasan anggaran. Oleh karena itu, Bupati sangat mengharapkan bantuan serta gotong royong segenap warga masyarakat untuk mensukseskan pembangunan infrastruktur di desanya masing-masing.

Bupati sangat percaya jika bantuan stimulan berupa aspal dan semen diberikan kepada masyarakat, maka nilai hasilnya akan bertambah. “Misalnya bantuan yang diberikan Pemkab hanya cukup untuk membangun jalan 1 KM, namun karena gotong royong dari masyarakat maka panjang jalan yang dibangun bisa mencapai 1,5 Km”,tuturnya. “Oleh karena itu, bagi desa yang pada tahun ini terbukti hasil  pelaksanaan bantuan infrastruktur  pedesaan  hasilnya bagus, maka pada tahun depan bantuan infrastruktur pedesaan  akan ditambah nilainya, begitu pula sebaliknya”,lanjut Bupati. 

Terkait dengan gotong-royong dan partisipasi masyarakat, Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Dandim 0806 Trenggalek, Letkol. CZI Heri Pahlawantoro  yang  telah mempersilakan Camat maupun Kades  untuk melibatkan anggota TNI di wilayhnya dalam kegiatan gotong-royong.

Masih dalam kesempatan yang sama, Bupati Trenggalek beserta Ketua TP-PKK memberikan penghargaan kepada Desa dan Kelurahan terbaik serta bantuan simbolis kepada anak-anak yatim di Kecamatan Karangan.
Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-39 dan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-8 ditandai dengan dipukulnya kentongan oleh Bupati Trenggalek diikuti oleh seluruh peserta yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit salam di sekitar Balai Desa Salamrejo.

Usai acara di Balai Desa Salamrejo, Bupati Trenggalek didampingi Dandim 0806 Trenggalek, Letkol. CZI Heri Pahlawantoro, Sekretaris Daerah, Ir. Cipto Wiyono, M.Si dan Ketua TP PKK Kabupaten Trenggalek, Ny. Penny Mulyadi meletakkan batu pertama  bedah rumah milik Siman, warga RT 19 RW 7 Dusun  Jajar Desa Salamrejo.  Rumah ini masih terbuat dari bambu dan kondisinya  memprihatinkan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama Dewan Pengurus Korpri dan Tim Penggerak PKK tergerak untuk memperbaiki rumah tersebut.  Dalam  kesempatan ini, Bupati juga mengharapkan bantuan masyarakat  untuk gotong-royong memperbaiki  rumah Sdr. Siman.  

“Karena bantuan  dari Pemkab, Korpri dan PKK tentunya  belum bisa mencukupi keseluruhan, saya mohon  masyarakat  secara gotong-royong  ikut  membantu menyelesaikannya”,  ungkap Bupati.(Haz).

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.