> Trenggalek : Bupati H. Soeharto Pimpin Aksi Hijaukan Bukit Gersang | Prigibeach Trenggalek

Trenggalek : Bupati H. Soeharto Pimpin Aksi Hijaukan Bukit Gersang




Trenggalek (prigibeach.com) - Bupati Trenggalek, H. Soeharto, Selasa (1/12) "memandegani" aksi penghijauan dan pelestarian lingkungan. Dengan tanpa ragu serta tidak mengenal risih, Sang "Panglima" memimpin lebih dari 1.000 laskar, dibantu oleh pejabat dilingkungan Pemkab Trenggalek dan unsur Muspida, melakukan gerakan tanam 1.450.000 bibit pohon dan menebarkan lebih dari 3.000 benih ikan Nila.

Gerakan tersebut dipusatkan di Penampungan Kayu Bagong Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, dengan pelaksana tehnis lapangan Administratur KRPH Perhutani Kediri Ir. Priyadi. Sebanyak 1.000 peserta yang mengikuti gerakan tersebut dijatah minimal menanam "satu pohon satu orang".

"Aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian semua pihak pada kelestarian lingkungan, dengan memotivasi masyarakat agar memahami betapa pentingnya menanam dan memelihara sebatang pohon, bagi masa depan", kata H. Soeharto. Dengan penghijauan dan pemeliharaan lingkungan, berarti pemanasan global dapat dikurangi, sekaligus melestarikan Indonesia yang bersih, menciptakan pembangunan negeri yang bersih Clean Development Mechanism) secara defacto dan kontinyu.

"Bagi Trenggalek, penghijauan bukit-bukit gundul akibat illegal logging yang dilakukan warga di masa lalu, kelak kemudian hari niscaya hasilnya akan bisa mencegah banjir, longsor dan kekeringan, yang dalam beberapa tahun ini melanda daerah kita. Marilah kita buat Trenggalek ijo royo-royo"" tambah Soeharto. Masyarakat dihimbau untuk melaksanakan penghijauan di lahan-lahan sekitar, sehingga sumber-sumber air terjaga, lingkungan tetap lestari serta satwa-satwa dapat menempati habitat mereka dengan aman.

Dari 1.450.000 bibit pohon, 175.000 bibit merupakan bantuan dari pusat yang disalurkan melalui BP DAS BRANTAS Surabaya, 25.000 bibit dari Dinas Kehutanan Propinsi Jatim, 100.000 bibit berasal dari anggaran APBD Kabupaten Trenggalek, 900.000 bibit dari Perum Perhutani dan dari kalangan swasta sebanyak 200.000 bibit. Bantuan bibit yang diterima merupakan jenis pohon naungan yang mampu menyimpan air tanah dan menahan erosi, seperti : beringin, jabon, mahoni, trembesi, flamboyan, mangga, jati, mindi, sengon, klengkeng dan pete.

Aksi ini diawali dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Bupati Trenggalek KRA. H. Soeharto Hadiningrat dan ditutup dengan pelepasan 1000 bibit ikan nila oleh Ny. Wahyu P Soeharto di dam Bagong.(hab)


0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.