> KORPRI Berikan Bantuan Sembako Bagi Korban Baniir Bandang | Prigibeach Trenggalek

KORPRI Berikan Bantuan Sembako Bagi Korban Baniir Bandang


Trenggalek (prigibeach.com) - Banjir yang melanda Trenggalek, Jawa Timur, tanggal 2 dan 3 Januari 2011 yang lalu, telah menggugah Dewan Pengurus KORPRI untuk berbagi kepedulian dengan menyerahkan bantuan sembako kepada korban bencana banjir di Kecamatan Suruh dan Kecamatan Karangan. Paket bantuan sembako tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Trenggalek, Cipto Wiyono, bertempat di aula Kecamatan Suruh, Jumat (7/1).

Camat Suruh, Zahid Isroni,sangat berterimakasih atas kepedulian seluruh anggota KORPRI. Serta tanggap bencana dari Pemkab yang diwujudkan antara pada malam hari setelah terjadi bencana, Pemerintah Kabupaten Trenggalek langsung membuka dapur umum dan Puskesmas yang berada di daerah bencana. Langsung bergerak saat terjadi bencana seperti pemberian kaporit di sumur-sumur warga dan pemberian pengobatan gratis kepada warga selama 1 minggu pasca bencana.

Wilayah Suruh juga tertimpa bencana tanah longsor pada Kamis (6/1) kemarin yakni di Desa Puru yang mengakibatkan 8 rumah rusak. Empat rumah telah ditinggalkan penghuninya karena kondisi rumahnya sangat membahayakan dan 4 rumah lainnya tembok dan pondasinya putus karena tanahnya bergerak.

Cipto Wiyono, selaku Sekda mengatakan bahwa seingatnya Desa Kerjo Kecamatan Karangan belum pernah terkena banjir, namun kali ini juga dilanda banjir. Hal ini menunjukkan bahwa keadaan alam telah berubah dan bencana alam bisa terjadi dimana saja.

"Oleh karena itu, kita harus instrospeksi dan selalu waspada. Banjir yang banyak membawa lumpur menandakan bahwa hutan kita telah gundul, demikian juga dengan lingkungan kita, sehingga kita harus menghijaukan kembali alam kita", demikian Cipto.

Total bantuan sembako yang diberikan oleh KORPRI sejumlah 2.140 paket dan masing-masing paket senilai Rp. 60.300,- dengan total keseluruhan 130 juta rupiah. Dalam setiap paket tersebut terdiri dari 4 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 botol kecap, dan 7 bungkus mie instan.

Untuk kecamatan Suruh, bantuan yang diberikan sejumlah 410 paket yang akan diperbantukan ke 3 desa yaitu Desa Suruh sejumlah 300 KK, Desa Mlinjon 75 KK dan Desa Nglebo 35 KK. Warga Desa Suruh yang akan mendapatkan bantuan datang ke Aula Kecamatan Suruh, sedangkan untuk korban banjir warga Desa Mlinjon dan Desa Nglebo diserahkan kepada Kepala Desanya masing-masing untuk selanjutnya diserahkan kepada yang berhak.

Sedangkan untuk Kecamatan Karangan, diberikan bantuan sejumlah 1.726 paket untuk 7 desa yakni Desa Jati 450 KK, Desa Karangan 450 KK, Desa Kerjo 354 KK, Salamrejo 100 KK, Kedungsigit 10 KK, Sumberingin 251 KK, dan Desa Sukowetan 111 KK. Untuk desa-desa di Kecamatan Karangan yang mendapat bantuan, paket bantuan diambil oleh Kepala Desa masing-masing di Kantor Kecamatan Karangan untuk selanjutnya dibagikan kepada warganya yang terkena banjir

Menurut hasil rekapitulasi data kerugian akibat banjir tanggal 2 dan 3 Januari 2011 yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek, total kerugian yang berupa prasarana infrastruktur akibat bencana banjir tersebut adalah senilai 14,35 Miliar Rupiah, yang terdiri dari 13 jembatan kabupaten dan 1 jembatan nasional, 3 ruas jalan desa, tembok penahan jalan maupun bangunan serta tangkis-tangkis sungai sebanyak 15 paket serta kerusakan pada sarana sumber daya air sejumlah 4 paket.

Sementara itu, Suyatin (55) warga Desa Kedungsigit mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan dari Pemkab.

"Kami dapat 4 kg beras, 1 botol kecap, 7 bungkus mie instan, dan satu liter minyak goreng," ujarnya pada prigibeach.com. (haz)

Related Posts with Thumbnails

2 Komentar:

sibutiz mengatakan...

bantuan bantuan pasti sangat bermanfaat bagi semuanya dan ini patut di tiru bagi orang yang mampu .

Diana Puji Handayani mengatakan...

@ sibutiz : Benar, kawan. Korpri Trenggalek memang selalu peduli dengan masyarakat kecil yang perlu bantuan.

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.