> Panji Patrem Selenggarakan Pameran Tosan Aji 1000 Pusaka | Prigibeach Trenggalek

Panji Patrem Selenggarakan Pameran Tosan Aji 1000 Pusaka

Trenggalek (prigibeach.com) - Memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2010 sekaligus dikaitkan dengan momentum Sumpah Pemuda, Paguyuban Panji Patrem akan selenggarakan Pameran Tosan Aji, dengan thema Gebyar 1000 Pusaka. Acara akan digelar mulai tanggal 10 hingga 14 Nopember 2010 bertempat di Gedung Serba Guna Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Jawa Timur. 

Panji Patrem adalah paguyuban para penggemar benda-benda pusaka (tosan aji), diprakarsai dan dimotori oleh tokoh-tokoh muda yang peduli pada eksistensi nilai-nilai budaya tradisional yang ada di daerah Trenggalek. Anggota paguyuban ini paling sedikit memiliki dan menyimpan 5 buah benda pusaka dari jenis besi (wesi-tosan) baik berupa keris, tombak maupun bentuk lain yang lebih spesifik dan jarang dikenal oleh masyarakat.

"Namun kami juga membuka diri dan menerima anggota yang secara pasif menggemari benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang, sekalipun yang bersangkutan sama sekali tidak meiliki tosan aji", demikian Mukti Harsaya, Sekretaris Panitia Pameran Gebyar 1000 Pusaka. 

Pecahkan Rekor MURI 

Pemaran kali ini diselenggarakan dengan dana swadaya hasil urunan dari anggota. Bertujuan untuk memperkenalkan berbagai bentuk dan jenis tosan aji yang ada di Trenggalek dan seluruh Indonesia. Peserta pameran bukan hanya lokal, tetapi juga datang dari daerah seperti Tulungagung, Blitar, Kediri, Ponorogo, Pacitan, Magetan, bahkan dari Madiun, Solo dan Surakarta, juga paguyuban lain di luar Jawa, yakni Bali, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Papua, Maluku dan Nusa Tenggara. Diperkirakan ada 25 Paguyuban penggemar Tosan Aji seluruh Indonesia sudah menyatakan siap untuk hadir. Serta tujuh kolektor benda pusaka terkenal di Indonesia, akan mengikuti pameran secara total dengan mengeluarkan semua koleksi benda pusaka mereka yang sudah terbilang sangat langka.

"Kami berharap pameran ini bisa menggugah rasa nasionalisme dan kebanggan terhadap nilai-nilai budaya bangsa sendiri. Sehingga masyarakat tidak begitu saja terpolusikan oleh kemajuan teknologi modern yang memang semakin canggih", kata Mukti Harsaya. Selanjutnya, dia dan seluruh anggota Paguyuban Tosan Aji Panji Patrem, sangat mengharapkan uluran kepedulian dari pihak Pemerintah Kabupaten Trenggalek. 

"Paling tidak dukungan moril berupa pemberian kemudahan administrasi, fasilitas dan sosialisasi tentang perlunya masyarakat kita untuk mempertahankan dan memelihara benda-benda pusaka. Dukungan nyata dari instansi pemerintah daerah melalui Dinasi Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Budaya (Disporaparibud). Sesuai dengan undang-undang dan peraturan kepurbakalaan yang diberlakukan oleh pemerintah kita", katanya.

"Kami sangat antusias, pameran ini akan bisa memecahkan rekor MURI  (Museum Rekor Indonesia) sebagai pameran Tosan Aji terbesar, koleksi terlengkap dan terlangka, serta terpopuler. Selanjutnya, kami juga ingin pameran semacam ini akan menjadi agenda rutin dalam pameran budaya daerah yang setiap tahun diselenggarakan," tambahnya.

Sementara itu terpisah, Ketua Panitia, Mamba Udin mengatakan "Memecahkan rekor MURI masih wacana sebab Kabupaten Wonogiri pernah pameran 1000 pusaka, Nah, jika nantinya Pameran Gebyar 1000 Pusaka mencapai kuota lebih maka akan menjadi rekor MURI," ujarnya melalui email. 
Panji Patrem adalah satu-satunya paguyuban Tosan Aji di Trenggalek yang sudah terdaftar di Sekretariat Nasional Keris Indonesia (SNKI). Oleh sebab itu, pada upacara pembukaan pameran akan hadir dan memberikan sambutan adalah Ketua Bidang Organisasi (KBO) Sekretariat Nasional Indonesia, Santosa Adi Wibowo dan Muyoko, KORWIL SNKI Jatim Selatan.(haz)

2 Komentar:

kerislangit mengatakan...

Mohon koreksi dari Redaksi.mengenai Panji Patrem merupakan satu-satunya Paguyuban Tosan Aji Trenggalek yang terdaftar di SNKI.Bahwa sebelum ada Patrem,di Trenggalek sudah ada Pandawa,berdiri tahun 2008 dan terdaftar di SNKI.Pameran Pusaka yang selama ini ada di Kabupaten Trenggalek juga Pandawa yang mengadakan bersama Pemda Trenggalek.sudah 4 x pameran diadakan ( lokal ) dan 3 x keluar kota..Terimakasih
Pengurus Pandawa ( Pametri Seni Budaya Jawa ) : K.R.A.T. Bekti Harry Suwintonagoro,SH.

CahNdeso mengatakan...

@kerislangit : Terima kasih atas penjelasan dan informasi yang sangat berguna bagi saya dan seluruh masyarakat Trenggalek. Saya sama sekali tidak tahu, bila Pandawa sudah terdaftar di SNKI. Komentar kerislangit sekaligus menjadi koreksi berita. Respon dan atensi kerislangit, serta segenap warga Trenggalek, sangat saya harapkan. God Bless you kerislangit

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.