> Teror Anjing Liar Hantui Peternak Kambing | Prigibeach Trenggalek

Teror Anjing Liar Hantui Peternak Kambing

*2 Bulan, 55 Kambing Mati Dimakan

Nganjuk (beritajatim.com) - Teror serangan anjing liar menghantui peternak kambing di tiga Desa, Gampeng, Lengkong Lor dan Ngulu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Puluhan kambing mendadak mati.

Dari tiga desa yang diserang, paling banyak terjadi di Dusun Putukwetan, Desa Gampeng, Menurut keterangan Kepala Dusun Putuk Wetan Wagino, kambing yang mati sudah mencapai 35 ekor."Serangan ini terjadi dua bulan terakhir. Ini serangan terparah, dari tahun-tahun sebelumnya," papar Wagino, Jumat (10/6/2009)

Awalnya, warga menganggap kambing mereka mati biasa. Namun, karena jumlahnya semakin banyak, warga semakin curiga. Puncaknya, ketika Marwan, warga setempat berhasil membunuh satu anjing liar tersebut.

"Saya berhasil membinasakan anjing liar itu, tiga yang lainnya kabur," ujar Marwan, yang mengaku saat itu hewan liar hendak memangsa kambingnya.

Kejadian serupa terjadi di Dusun Sumberayu, Desa Lengkong Lor. Kasun Sumberayu Kusno Hadi mengaku di tempatnya sudah ada sekitar 10 ekor kambing yang mati. “Tanda-tanda kematian kambing itu hampir sama dengan di tempat lain yaitu, ada yang hanya dicekik saja, ada juga yang dimakan daging dan jeroannya,” terang Kusno.

Masih kata Kusno, populasi anjing di wilayah Dusun Sumberayu sendiri dapat mencapai 70 ekor lebih. Namun tak semua anjing tersebut dirawat dengan baik oleh pemiliknya. “Kalau anjing itu liar, tentu makannya seadanya disikat,” tandas Kusno.

Terpisah Camat Ngluyu Sodikin mengatakan, dari tiga Desa yakni Ngluyu, Gampeng dan Lengkong Lor yang diserang, kambing yang mati sudah mencapai 55 ekor.

“Apabila para pemilik anjing itu tidak mau mengikat anjingnya di rumah, maka akan langsung kita musnahkan,” tegas Sodikin. Sodikin juga diminta kepada masyarakat untuk ronda atau menjaga ternaknya sendiri-sendiri dari ancaman anjing liar itu. (nng)

0 Komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.