> Limbah Mencemari Lingkungan, Warga Tuntut RS Baptis Rp 6 M | Prigibeach Trenggalek

Limbah Mencemari Lingkungan, Warga Tuntut RS Baptis Rp 6 M

Reporter : Nanang Masyhari

Kediri (beritajatim.com) – Pencemaran lingkungan akibat limbah yang keluar dari Rumah Sakit (RS) Baptis, Kediri berbuntut panjang. Warga berencana menuntut ganti rugi materiil kepada rumah sakit yang berada di di Kecamatan Pesantren, Kediri sebesar Rp 6 M.

Rencana tuntutan itu disampaikan oleh Suwaji, ketua RW 02, Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantren dalam pertemuan di Gedung DPRD Kota Kediri dengan pihak rumah sakit yang difasilitatori oleh komisi C DPRD KOta Kediri.

“Kami akan menuntut fihak Baptis sebesar Rp 6 M,” kata Suwaji. Apabila tuntutan itu hingga deadline 17 Juli tidak juga dipenuhi, imbuh Suwadi, warga akan menempuh jalur hukum, baik pidana maupun perdata. “Jika kesempatan hingga batas akhir tidak juga dipeuhi, maka akan kami pidanakan,” tegas Suwaji.

Lebih lanjut dipaparkan Suwadi, kompensasi sebagai ganti rugi itu untuk 100 KK yang selama ini menanggung dampak dari saluran pembakaran sisa luka.“Dengan perhitungan, kepada tiap-tiap KK akan mendapatkan Rp. 60 juta,” beber Suwandi.

Thomas Suhardjito selaku staf relasi RS Baptis mengatakan, saat ini fihaknya masih melakukan koordinasi dengan manejemen. “Kami akan melakukan koordinasi dengan manajemen dulu,” ujar Thomas, dihubungi melalui ponselnya.

Imbuh Thomas,masukan dari warga pada pertemuan di DPRD KOta Kediri tersebut akan ditampung dan juga akan dibahas dalam pertemuan. "Kita cari win-win solution lah, giman nanti agar sama-sama tidak ada yang mengalami kerugian, minimal satu bulan kita akan memberikan jawaban tersebut," jawab Thomas Suhardjito

Secara terpisah, sekretaris Komisi C Nuruddin Hasan mengatakan sebagai fasilitator tidak dapat memutuskan. "Apabila hingga 17 Juli tidak akan menemukan jalan keluar, maka kita akan mengagendakan pertemuan kembali. Jika tetap tidak menemukan jalan keluar, baru kita akan bertindak lagi,” terangnya.

Dalam pertemuan tersebut, pihak RS Baptis dihadiri oleh Sukoyo Suwandani selaku direktur RS Baptis dan ditemani staf, sementara dari warga diwakili beberapa orang.(nng)

0 Komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.