> Hari Lingkungan Hidup di Pendopo Kabupaten Trenggalek | Prigibeach Trenggalek

Hari Lingkungan Hidup di Pendopo Kabupaten Trenggalek



Wabup Mahsun Isma’il salami peserta apel HLH di Pendopo Kabupaten


Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Trenggalek, diperingati bersamaan dengan pelaksanaan Apel Integrasi, bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Trenggalek, 17 Juni 2009, dengan pembina Apel, Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Ismail, S.Ag.MM. Tema Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2009 adalah “Bersama Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim”.

Wakil Bupati trenggalek, Mahsun Ismail, S.Ag.,MM, dalam amanatnya menyampaikan bahwa perubahan iklim disebabkan oleh ketergantungan dalam penggunaan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batu bara, minyak dan gas bumi yang mengakibatkan meningkatnya suhu di permukaan bumi. Hal tersebut membawa akibat mencairnya es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, banjir besar-besaran, dan gelombang badai besar.

Wakil Bupati menambahkan bahwa pemerintah seharusnya mulai menggunakan energi alternatif seperti energi matahari, air, dan angin yang lebih ramah lingkungan, selain melakukan penghematan energi listrik, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, menghentikan penebangan dan pembakaran hutan, serta melakukan penanaman pohon di lingkungan sekitar kita.

Perubahan iklim jelas menyengsarakan kehidupan umat manusia. Oleh karena itu, sudah saatnya kita, pemerintah, industri dan masyarakat, bahu-membahu berupaya untuk menghambat terjadinya perubahan iklim. Padahal, menurut laporan ADB (Bank Pembangunan Asia), ”The Economic of Climate Change in Southeast Asia: A Regional Review” menyebutkan bahwa penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca di Asia Tenggara adalah Indonesia, yaitu sebesar 59 persen, lanjut Mahsun Ismail, S.Ag.,MM.

Pada akhir sambutannya Wakil Bupati Trenggalek, Mahsun Ismail, S.AG.,MM mengingatkan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, oleh karena itu setiap orang juga berkewajiban memelihara kelestarian lingkungan hidup, mencegah serta menanggulangi pencemamaran dan keruskan lingkungan hidup.Selesainya apel, acara kemudian dilanjutkan dengan tasyakuran bertempat di Pendopo Kabupaten Trenggalek.(Haz)

0 Komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.