> Lapas Klas II Kediri Overload, Napi Kerap Terserang Wabah Penyakit | Prigibeach Trenggalek

Lapas Klas II Kediri Overload, Napi Kerap Terserang Wabah Penyakit

Reporter : Nanang Masyhari

Trenggalek, Memo

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) klas II Kediri Jl Jaksa Agung Suprapto, Kecamatan Mojoroto Kediri overload. Parahnya lagi, para nara pidana (napi) rentan terserang wabah penyakit. Hal ini diungkapkan Kepala Lapas Klas II Kediri Subiantoro ditemui sejumlah wartawan, Senin (17/8/2009) siang. "Jumlah penghuni disini sebanyak 555 orang, dengan jumlah tempat tidur sebanyak 40 buah. Padahal, kapasitasnya hanya 325 orang," ujar Subiantoro.

Akibatnya, imbuh Subiantoro, satu kamar tidur yang semestinya tempati oleh 7 orang, sekarang dipakai oleh 10 orang. Yang sangat disayangkan lagi, apabilan salah satu penghuni terjangkiti penyakit, maka dapat mewabah dan menyerang yang lainnya. "Seperti kemarin, ketika booming serangan virus H1N1, flu babi, hampir 30 persen napi terserang influenza. Dan yang kerap terjadi adalah serangan penyakit kuli, scebies, kemarin sebanyak 25 orang yang terkena," beber Subiantoro.

Untuk mengatasi keadaan itu, Lapas klas II Kediri mengaku akan melakukan mutasi napi, dan akan segera melakukan pengadaan tempat tidur (kasur, red) dan berencana menambah ruang kamar. "Nanti kita akan berikan tempat tidur berupa kasur pada setiap kamar," kata Subiantoro

Selain itu, imbuh Subiantoro, Lapas klas II Kediri berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Kediri agar membantu dalam menyediakan lahan untuk pembangunan Lapas baru. "Kita sudah berkoordinasi dengan Pemkab Kediri dalam penyediakan lahan seluas 5 hektar, namun belum tahu dimana tempatnya," beber Subiantoro. Dengan lahan seluas 5 hektar, diperkirakan dapat untuk menampung sekitar 500 penghuni. (nng/Haz)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.