> Proyek RSUD Gambiran II Telikung Dewan | Prigibeach Trenggalek

Proyek RSUD Gambiran II Telikung Dewan

Reporter : Nanang Masyhari

Rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran II yang diacang-ancangkan oleh Pemerintah Kota Kediri dapat dipastikan, dimulai tahun 2009 ini. Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah memilih tempat tanah kas Kelurahan Pakunden, dan telah selesai menggambar model bangunan yang akan disokong oleh dana cukai.

Sayang, langkah Pemerintah Kota Kediri ini mendapat sorotan negatif oleh kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri. Dewan mengaku tidak pernah diajak berbicara oleh Pemkot Kediri, mulai pemilihan lokasi, yang berada di lahan seluas 4,8 hektar itu.

"Kita belum diajak berbicara oleh Pemkot Kediri. Jangan-jangan, nanti dewan ditelikung seperti yang terjadi pada pembangunan proyek Doho Plasa I yang berada Alun-alun, Kota Kediri," tegas Komisi C DPRD Kota Kediri, Nurrudin Hassa, Rabu (1/7/2009) siang.

Menurut Kepala Dinas PU Kota Kediri Widodo, pelaksanaan proyek RSUD Gambiran II yang didanani oleh cukai Rp 41 M itu kini telah proses sosialisai kepada masyarakat sekitar. "Sekarang dalam proses sosialisasi. Sementara, layoutnya sudah selesai," papar Widodo, ditemui Kantor Pemkot Kediri.

Tambah Widodo, lahan seluas 4,8 hektar yang akan dipakai untuk Gambiran II adalah tanas kas kelurahan, yang berupa sawah, dan berada di tepi jalan. "Kita dapat memastikan, tidak akan ada relokasi permukiman warga, baik untuk bangunan maupun infrastrutur jalan, karena berada di tepian jalan," papar Widodo.

Masih kata Widodo, tehnis pelaksanaan pembangunan Gambiran II, akan dibagi beberapa tahap. "Nanti akan dilakukan dengan beberapa tahap, yang dibiayai oleh biaya cukai. Namun demikian, tentunya akan ada dana pendamping dari APBD Pemkot Kediri," papar Widodo.

Secara terpisah, Kabag Humas Pemkot Kediri Haryono mengatakan, tujuan dari RSUD Gambiran II itu untuk menangani dampak dari pemakain rokok. Gambiran II baru akan diperuntukkan untuk merawat pasien yang merupakan dampak rokok. Seperti jantung, kanker, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). (nng)

0 Komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.