> DALAM DINAMIKA GLOBAL, KOPERASI HARUS TETAP EKSIS! | Prigibeach Trenggalek

DALAM DINAMIKA GLOBAL, KOPERASI HARUS TETAP EKSIS!

Wabup Mahsun Ismail menyerahkan dana hibah secara simbolis (Hamzah)

Trenggalek, Memo

Memperingati hari Koperasi ke-62, bertempat di halaman Pendapa Agung Trenggalek, Wabup Mahsun Ismail telah menyerahkan dana blockgrand berupa hibah pada beberapa Koperasi. Dalam sambutannya Mahsun Ismail menyatakan, tema peringatan Hari Koperasi ke-62 adalah memantapkan peran gerakan koperasi dalam dinamika perubahan global. Tema ini mengandung makna masyarakat koperasi bertekad dan berkeinginan untuk meningkatkan peran dan kontribusi terhadap ketahanan perekonomian nasional dalam dinamika perubahan global.

Dia menambahkan, selain tantangan di era global, ada tiga tantangan lagi yang harus dihadapi. Pertama, memperbaiki citranya sebagai kumpulan golongan ekonomi lemah pemburu fasilitas. Kedua, kontribusinya yang meskipun secara sosial cukup tinggi,namun secara nominal masih sangat rendah dalam perekonomian nasional. Ketiga, semakin rendahnya kesadaran masyarakat untuk bergotong-royong melalui koperasi seiring dengan meningkatnya modernitas dan individualisme.

Dana hibah sebesar Rp 125 juta ini dari APBD 2009, diberikan kepada Koperasi Primkopol Trenggalek sebesar Rp 75 juta, dan KPRI Sandang Pedo Rp 50 juta. Kendati sifatnya hibah, tapi dana block grand ini bergulir. Kasi Kelembagaan Hukum Dinas Koperindagtamben, Muhandono, kemarin menjelaskan yang dimaksud dana hibah bergulir yakni setiap anggota yang dipinjami wajib untuk mengembalikan. Dan ketika sudah kembali modal, maka dana ini bisa dilanjut untuk tahun depan. Dengan begitu, maka program blockgrand melalui koperasi bisa tetap berjalan. “Ketika dana ini bisa terus bergulir, dampak yang dirasakan oleh anggota adalah peningkatan kesejahteraan. Dana ini bersifat perangsang untuk meningkatkan kemakmuran anggota dan kemandirian koperasi” katanya.

Selain dua koperasi tersebut, dari 386 lembaga koperasi di Trenggalek yang mendapat dana hibah dalam peringatan hari koperasi ke-62 ini, adalah KSU Sumber Makmur, Munjungan. Koperasi ini mendapat dana Rp 500 juta dari APBD. Dana ini dipakai untuk jaringan listrik pada pabrik es di Munjungan. KSU Sumber Makmur diberi dana hibah karena dipercaya menangani jaringan listrik pada pabrik es di Munjungan. “Tahun lalu, KSU Sumber Makmur juga dapat dana hibah untuk jaringan listrik,” ujarnya.(Haz)

1 Komentar:

UII Official mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.