> Aset Dana Pensiun Indonesia Rp102 Triliun | Prigibeach Trenggalek

Aset Dana Pensiun Indonesia Rp102 Triliun

Aset Dana Pensiun Indonesia Rp102 Triliun
Manado - Aset 280 dana pensiun yang ada di Indonesia yang terhimpun hingga September 2009 mencapai Rp102 triliun.

"Perkembangan dana pensiun dari tahun ke tahun cukup pesat, rata-rata 16 persen," kata Kepala Biro Dana Pensiun Bapepam-Lembaga Keuangan, Mulabasa Hutabarat, pada Rapat Koordinasi Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) dan ADPI Komda VII dan VIII di Manado, Rabu.

Menurut Mulabasa, perkembangan yang cukup pesat ini menyusul pengelolaan yang cukup baik dari 280 dana pensiun yang ada di Indonesia saat ini.

Dana pensiun Rp102 triliun tersebut, kata Mulabasa, sebagian besar ditanamkan pada instrumen pasar modal, selebihnya dalam bentuk deposito dan aset bangunan.

"Sekitar 70 persen dana pensiun di instrumen pasar modal, sedangkan 30 persen dalam bentuk deposito di bank dan sebagian lain tertanam pada investasi tanah dan bangunan," kata Mulabasa.

Peraturan Menteri Keuangan membolehkan dana investasi untuk digunakan pada instrumen pasar modal, makanya menurut Mulabasa, menjadi target utama para pengelola dana pensiun untuk menginvestasikan dana ini akan berkembang pesat.

"Ada 16 jenis investasi yang bisa dimanfaatkan oleh pengelola dana pensiun, dan ini telah dimanfaatkan secara maksimal sehingga nominal dana pensiun terus bertambah dari tahun ke tahun, tetapi tentu saja ada batasan-batasannya," kata Mulabasa.(ant)

1 Komentar:

ONDEL ONDEL mengatakan...

PT.ROYAL PREMIER INTERNATIONAL perusahaan yang bergerak di bidang Investasi Properti, Kami mengusung program khusus untuk para Investor yang pasti kami memberikan suatu konsep yang menarik dan paling menguntungkan. http://www.ondelondeljakarta.com/investasi-properti-condotel-yogyakartavilla-balivillatel-bali.html

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.