> BP3 Trowulan Lakukan Ekskavasi Situs Dinoyo Hari Ini | Prigibeach Trenggalek

BP3 Trowulan Lakukan Ekskavasi Situs Dinoyo Hari Ini




BP3 Trowulan Lakukan Ekskavasi Situs Dinoyo Hari Ini

Badan Penyelamatan Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan hari ini mulai melakukan ekskavasi di situs Dinoyo Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Penggalian ini bertujuan memastikan adanya struktur batu bata kuno yang sebelumnya ditemukan berserakan.

"Masih belum ditemukan struktur batu bata yang jelas dari penggalian ini. Sementara ini kami menggali sedalam 2 meter di areal seluas 6 meter persegi," ujar Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Pusat Informasi Majapahit, Kuswanto ditemui detiksurabaya.com di lokasi, Kamis (29/10/2009).

Ekskavasi dilakukan 7 orang. 3 Orang sebagai penggali dan empat orang terdiri dari bagian juru foto dan pemetaan. Situs Dinoyo ditemukan setelah banyaknya batu bata berukuran besar atau tidak seukuran semestinya di lokasi pembangunan proyek Galaxy Regency Jalan Tata Surya, Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, beberapa waktu lalu.

Batu bata yang ditemukan diduga merupakan peninggalan masa kerajaan abad 12 hingga 13 Masehi. Untuk memastikannya dilakukan ekskavasi atau penggalian dengan mendatangkan tim dari BP3 Trowulan.

Menurut Kuswanto tim telah memetakan lokasi tanah akan digali dengan luas keseluruhan 12 meter persegi. Ekskavasi sendiri akan dilakukan selama tiga hari ke depan. "Jika tidak ada hasil, kami akan menutup penggalian," imbuhnya.

Sementara perwakilan pengembang Galaxy Regency Fahmi kepada detiksurabaya.com, mengatakan,proses ekskavasi tidak menggangu pengerjaan proyek. Jadi dapat dilakukan sampai kapan pun.

Dia mengaku batu bata berukuran besar banyak ditemukan berserakan di lingkungan proyek, karena telah dilakukan perataan tanah untuk pondasi bangunan rumah. "Setelah kami buldozer tanah, banyak ditemukan batu bata berukuran besar di sini," jelasnya.


0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.