> Satpol PP Hancurkan Puluhan Warung Yang Dibackingi Oknum Dewan | Prigibeach Trenggalek

Satpol PP Hancurkan Puluhan Warung Yang Dibackingi Oknum Dewan


Kediri, PrigiBeach.com

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Kediri, Senin (5/10/2009) sore 'mengamuk'. Mereka mengobrak-abrik puluhan warung makanan di bantaran Sungai Brantas tepatnya, di Jl Inspeksi Brantas, Kecamatan Mojoroto yang ditengarai dibackingi oknum dewan.

Petugas membongkar paksa seluruh bangunan warung dari bambu, dan kelambu yang kerap kali dipakai berbuat mesum itu dengan gergaji mesin. Selanjutnya, petugas memotong-motong menjadi beberapa bagian, dan melempar ke tepi Sungai Brantas.

"Sebenarnya, deadline kita tanggal 25 September 2009 lalu, namun karena ada backing dari salah satu anggota dewan. Akhirnya, molor-molor, sampai sekarang. Dan tadi, kami langsung mendapat instruksi dari Walikot Kediri agar membersihkan bantaran Sungai Brantas ini," ujar Hastoro, Kepala Operasional dan Pengawasan Satpol PP KOta Kediri, ditemui di lokasi.

Dijelaskan Hastoro, peneriban itu berdasarkan peraturan daerah (perda) yang dirujukkan dengan surat edaran dari Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Surabaya, bahwa bagi yang melanggar dapat dikenakan pidana selama 6 bulan penjara. "Untuk saat ini, kita hanya menertibkan mereka saja, karena sudah 1, 2 hingga 3 kali kami ingatkan tidak ada respon," terang Hastoro.

Sementara itu, sejumlah pemilik warung hanya dapat pasrah melihat petugas menghancurkan tempat mata pencaharian mereka. Dengan berat hati dan mata berkaca-kaca, para pemilik warung memilih mengemasi barang-barangnya, dan bergegas pergi.

Dalam kesempatan terpisah, Nuruddin Hassan, politisi dari PAN membantah tegas dan mengatakan bahwa tidak seorang pun anggota dewan yang membackingi PKL yang melanggar Perda. Gusur-menggusur adalah hak aparat, meskipun mereka salah namun seharusnya Pemkot juga memikirkan dan memberikan solusi bagi masa depan para PKL yang digusur. "Mereka butuh pekerjaan, butuh makan, mereka harus menghidupi dirinya dan keluarganya. Jangan hanya asal gusur! Pikirkan juga hak-hak rakyat kecil", katanya saat dikonfirmasi via HP. (pbc)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.