> Bonaran Ragukan Keaslian Rekaman KPK | Prigibeach Trenggalek

Bonaran Ragukan Keaslian Rekaman KPK


Inilah lembaran transkrip rekaman percakapan telepon Anggodo Widjojo dengan sejumlah orang, yang beredar di kalangan wartawan beberapa hari sebelum pemutaran rekaman di Gedung Mahkamah Konstitusi.



JAKARTA, KOMPAS.com — Bonaran Situmeang, pengacara Anggodo Widjojo, adik Direktur PT Masaro Radiokom Anggoro Widjojo, menyangsikan keaslian rekaman KPK.

Dalam rekaman yang dibuka di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (4/11), nama Anggodo ataupun Bonaran disebut jelas. Bahkan, Anggodo diduga menjadi aktor penting kriminalisasi KPK yang berujung pada penahanan dua Wakil Ketua (nonaktif) KPK, Bibit-Chandra.

"Saya mendengar dari pakar telematika, Roy Suryo, bahwa rekaman itu sudah tidak asli, ada bagian tertentu yang sudah diedit," kata Bonaran sebelum memasuki Bareskrim Mabes Polri, Rabu.

Ia sendiri mengklaim bahwa rekaman yang diperdengarkan kepada publik dalam sidang MK itu adalah hasil editan. Dengan demikian, ia menyangkal pernyataan Ketua KPK Tumpak Hatorangan dan Ketua MK Mahfud MD bahwa rekaman itu asli. Bonaran beralasan, kalau asli kenapa hasil transkrip sudah dirilis kepada publik sebelum rekaman diserahkan ke MK.

Ketika wartawan menanyakan dialog telepon antara Anggodo dan Wisnu Subroto serta disebut-sebutnya nama Wakil Jaksa Agung Abdul Hakim Ritonga, Bonaran malah menanyakan mana buktinya. "Mana buktinya? Tunjukan transkripnya kepada saya," kata Bonaran.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.