> Susno Muncul di DPR Karena Merasa Punya Teman | Prigibeach Trenggalek

Susno Muncul di DPR Karena Merasa Punya Teman


Reza Yunanto - detikNews




Jakarta - Sosiololog Thamrin Amal Tomagola punya penilaian tersendiri soal kehadiran Komjen Susno Duadji dalam rapat dengan Komisi III DPR semalam. Menurutnya, kehadiran Susno karena dia merasa punya 'teman' di Jakarta - Sosiololog Thamrin Amal Tomagola punya penilaian tersendiri soal kehadiran Komjen Susno Duadji dalam rapat dengan Komisi III DPR semalam. Menurutnya, kehadiran Susno karena dia merasa punya 'teman' di DPR.

"Kalau bahasa anak-anak muda dia cari 'teman' lah. Dan dia merasa DPR ini temannya, jadi dia mau datang ke DPR," ujar Thamrin di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/11/2009).

Thamrin menduga Susno merasa DPR sebagai 'teman'-nya karena keduanya dinilai punya kemiripan kepentingan. Baik Polri, DPR, dan juga Kejaksaan Agung (Kejagung) selama ini disebut-sebut ingin mempreteli kewenangan KPK.

"Tahu sendiri DPR yang 2004-2009 dan juga Polri dan Kejagung kan dianggap selama ini ingin mempreteli KPK. Nah, disitulah mungkin merasa punya teman," ujar sosiolog asal Universitas Indonesia ini.

Thamrin menilai, pertemuan Kapolri-Komisi III yang berlangsung semalam tidak menjernihkan masalah apapun. Dia melihat, pertemuan semalam justru menimbulkan masalah baru daripada menyelesaikan masalah. DPR misalnya, justru malah mendukung upaya Polri agar tidak diobok-obok institusi penegeak hukum lainnya.

Thamrin melihat justru ada semacam persaingan lembaga negara dari pertemuan Komisi III DPR-Polri. Polri minta dukungan kepada DPR, seperti KPK yang didukung Mahkamah Konstitusi (MK).

Lalu kenapa Polri menggandeng DPR? "Karena DPR lembaga politik yang kuat. Sama seperti Mahkamah Konstitusi yang mendukung KPK," ujar Thamrin. (Rez/gah)


0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.