> Jatim Kekurangan Pasokan Susu Sapi 650.000 Liter/Hari | Prigibeach Trenggalek

Jatim Kekurangan Pasokan Susu Sapi 650.000 Liter/Hari

SURABAYA, KOMPAS.com - Setiap hari, Provinsi Jawa Timur kekurangan pasokan susu sapi segar sebanyak 650.000 liter. Akibatnya, sejumlah perusahaan susu di Jatim terpaksa mengimpor bahan baku susu sapi segar dari luar negeri.

Total kebutuhan susu sapi di Jatim mencapai 1,6 juta liter per hari. Padahal, produksi susu sapi hanya sekitar 950.000 liter per hari.

Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan Jatim Maskur mengatakan, produksi susu sapi Jatim sebanyak 950.000 liter per hari harus dibagi-bagi untuk pabrik-pabrik susu, konsumsi masyarakat, serta dikirim ke luar Jatim.

"Sekitar 850.000 liter susu sapi dipasok untuk pabrik-pabrik, seperti PT Nestle, PT Greenfields , PT Indolacto, dan Sekar Tanjung serta dikonsumsi langsung masyarakat. Sedangkan 100.000 liter dikirim ke luar Jatim, yaitu ke Jabar dan Daerah Istimewa Yogyakarta," ujarnya, Kamis (5/11) di Surabaya.

Dinas Peternakan Jatim berencana menggenjot produksi susu sapi di Jatim mencapai kisaran 1 juta liter per hari. Beberapa skim kredit disediakan untuk para peternak sapi, seperti kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE) dan kredit usaha pembibitan sapi ( KUPS).

Alokasi kredit KKPE masih sedikit yaitu Rp 257 juta untuk tahun 2009. Meski bunganya hanya enam persen, tapi tahun lalu tingkat penyerapannya hanya 40 persen. Para peternak kadang terkendala dengan proses pengajuan kredit yang mengharuskan adanya agunan, papar Maskur.

Sementara itu, untuk skim KUPS baru akan berjalan tahun 2010 mendatang dengan alokasi dana dari pemerintah pusat senilai Rp 15 triliun. Untuk skim ini, peternak yang mengajukan kredit hanya dibebani bunga sebesar lima persen.



0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.