> Pacitan Mendesah, Aktornya PNS dan Pengusaha | Prigibeach Trenggalek

Pacitan Mendesah, Aktornya PNS dan Pengusaha




Jumat, 6 November 2009 | 11:19 WIB

PACITAN, KOMPAS.com — Oknum pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Pacitan, Jawa Timur, Yy (43), digerebek lalu diarak oleh warga Kelurahan Pucangsewu, setelah kepergok mesum dengan pasangan yang bukan suaminya, Kn (40).

"Warga kesal melihat perselingkuhan yang dilakukan keduanya. Selain sama-sama sudah punya pasangan, mereka malah melakukannya dengan vulgar dan seolah tidak menghormati masyarakat sekitar," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Pacitan Supomo.

Petugas Satpol PP sedikit terlambat menangani kasus tersebut. Hal itu bisa terjadi karena warga yang memergoki perselingkuhan antara Yy, yang berstatus PNS, dan Kn, yang merupakan pengusaha, tidak segera melapor ke aparat.

Warga justru melakukan aksi penggerebekan sendiri begitu melihat pasangan mesum Yy dan Kn masuk ke rumah orangtua Yy yang tengah kosong, sekitar pukul 18.30 WIB. "Kami justru baru dilapori setelah keduanya digelandang ke rumah RT setempat," kata Supomo.

Sebagai aparat penegak disiplin di jajaran birokrasi, Supomo sangat menyayangkan kejadian tersebut. Apalagi, salah satu pelaku berstatus ibu rumah tangga sekaligus PNS yang seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat lain.

"Keduanya akan diberi pembinaan. Selain itu, akan ada sanksi khusus bagi oknum PNS bersangkutan," katanya.

Namun, mengenai sanksi yang bakal diberikan akan disesuaikan dengan sejauh mana tingkat pelanggaran yang telah dilakukan.

Hal itu sudah diatur dalam PP 30 Tahun 1980 tentang Disiplin PNS. Sanksi atas pelanggaran disiplin pegawai ada tiga tahapan, yaitu mulai sanksi ringan, sedang, dan berat.

Untuk sanksi ringan, pelaku hanya akan mendapat teguran baik lisan maupun tertulis. Sedangkan untuk sanksi sedang, pelaku biasanya akan mendapat pernyataan tidak puas dari pimpinan.

Hal itu berbeda dengan sanksi berat di mana pelaku bisa ditunda kenaikan pangkatnya, dibebaskan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat, atau pemberhentian dengan tidak hormat.

Beberapa warga yang menjadi saksi mata pengerebekan mengatakan, kisah asmara dan perselingkuhan antara Yy dan Kn sebenarnya telah berlangsung lama.


0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.