> Pesona Trenggalek di Taman Mini | Prigibeach Trenggalek

Pesona Trenggalek di Taman Mini

Sendratari Menak Sopal Krida, Sabtu malam ini (24/10) pukul 19.00 dipentaskan di anjungan Jatim di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Acara tahunan ini adalah promosi seni budaya Jatim yang kali ini diwakili oleh Kabupaten Trenggalek. Dalam kesempatan yang sama juga dipentaskan tarian khas Trenggalek, Tari Turangga Yaksa dan Tari Teleng Kencana serta pameran produk unggulan industri kecil dari Trenggalek.

Sendratari garapan Bambang Wibisono itu mengisahkan keprihatinan kisah pertengahan abad XVI, tentang sosok Menak Sopal terhadap sawah-sawah yang kering dan gagal panen di daerahnya. Masyarakat setempat kemudian diajak menaikkan air kali Bagong untuk membuat bendungan (dam). Namun usaha ini selalu gagal. Bendungan itu runtuh setiap kali hampir selesai dibangun. Menak Sopal mendapat wangsit agar mencari tumbal Gajah Putih, yang kebetulan dimiliki oleh mbok Rondo Krandon. Tahu akan dijadikan tumbal, ternyata Gajah Putih marah, minta keadilan pada Adipati Trenggalek.

Singkat cerita, pembangunan bendungan itu berlanjut hingga selesai dan berfungsi sampai sekarang. Setiap tahun diselenggarakan Bersih Dam dengan mengorbankan hewan kerbau bule yang diidentikkan dengan Gajah Putih. Ritual tradisi ini diselenggarakan setiap Jum’at Pon bulan Sela (Jawa), dan menjadi atraksi wisata budaya kabupaten Trenggalek.

Sedangkan Tari Turangga Yaksa sudah dikenal sebagai tari tradisi khas Trenggalek, berupa jaranan (kuda kepang) namun terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Bagian kepalanya berupa raksasa berambut lebat.

Tari Teleng Kencana adalah sebuah tari kreasi baru. Teleng adalah ketela atau tepung ketela, kencana adalah emas. Jadi tarian ini mengambil inspirasi dari proses pengolahan ketela pohon menjadi tepung kasava.

Narasumber: Drs. Arief Rofiq, MSn, Kepala Seksi Kesenian, Bidang Seni Budaya dan Film, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

Surabaya, 23 Oktober 2009

Henri Nurcahyo
Semacam Humas

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.