> TEI 2009 Sudah Hasilkan Remitansi 17 Dolar AS | Prigibeach Trenggalek

TEI 2009 Sudah Hasilkan Remitansi 17 Dolar AS

Jumat, 30 Oktober 2009






Image

Jakarta, BNP2TKI (30/10) Target Badan Pelakasana Penampatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) sebesar 17 Juta dolar AS tercapai sudah melalui Pameran Trade Expo International (TEI) 2009 di Pekan Raya Jakarta.

Pernyataan itu disampaikan Deputi Promosi dan Kerjasama Luar Negeri BNP2TKI Ramli Sa’ud kepada Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat saat mengunjungi stand BNP2TKI di Trade Expo International, Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jum’at (30/10).

“Hingga 1 hari sebelum penutupan, jumlah remitansi yang masuk sebesar 17 juta dolar AS, dengan TKI sebanyak 1.200 orang,” ungkap Ramli Sa’ud di sela-sela kesibukannya di stand BNP2TKI.

Menurut Ramli, jumlah ini setara dengan yang diperoleh dari pameran TEI 2008 lalu. Dia optimistis jumlah ini akan lebih besar menjelang penutupan Pameran TEI 2009, Sabtu.

Pada tahun 2008 lalu, BNP2TKI berhasil mendapatkan permintaan TKI untuk 1.042 orang dari 13 negara (Bulgaria, Italia, Bahama, Amerika Serikat, Mozambik, Polandia, Sudan, Libya, Uni Emirat Arab, Aljazair, Jepang, Yunani dan Lebanon dengan perkiraan remitansi sebesar USD 18.804.000 (asumsi kontrak 1 tahun).

“Jadi pada TEI 2009, jumlah yang ditargetkan 2 (dua) kali atau 2.100 orang penempatan,” harap Ramlli.

Mengenai penyebab terlampauinya target BNP2TKI, Deputi Perlindungan BNP2TKI itu menyebut karena jumlah peserta yang datang (pengguna TKI) lebih banyak dari tahun sebelumnya. Kurang lebih, ada 80 negara yang telah diundang untuk mengunjungi stand BNP2TKI. Sebagian besar dari para pengguna TKI yang datang berasal dari negara-negara di mana BNP2TKI telah mengadakan rangkaian kunjungan promosi selama 2 tahun belakangan ini.

TEI 2009 sangat promising (menjanjikan),” tutur Ramli seraya mengatakan secara internal, pameran ini memberi semangat untuk terus memberikan konstribusi terbaik kepada bangsa dan negara melalui penempatan TKI ke mancanegara.

Terkait sektor yang dicari pengguna di luar negeri, Ramli Sa’ud mengatakan bahwa sektor hospitality masih merupakan unggulan yang dicari para users di luar negeri. Banyak hotel di luar negeri yang membutuhkan tenaga kerja hospitality.

Selain itu, para users juga banyak mencari TKI dari sektor kesehatan (seperti tenaga kerja perawat dan care giver/care taker), sektor konstruksi (seperti insinyur dan pekerja bangunan) dan sektor pertambangan/perminyakan (seperti welder, oil driller officers).

Melihat tingginya permintaan users dari mancanegara terhadap pekerja kita, Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat menginginkan agar tahun depan BNP2TKI bisa mengadakan pameran khusus tentang promosi TKI ke luar negeri. Promosi BNP2TKI melalui Trade Expo Indonesia (TEI) ini merupakan yang ketiga kali. TEI 2009 yang sudah dibuka sejak tanggal 28 Oktober dan ditutup - 1 November 2009 di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta


0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.