> Unmuh Surabaya Buka Kelas Gratis SPP | Prigibeach Trenggalek

Unmuh Surabaya Buka Kelas Gratis SPP


Surabaya, PrigiBeach.com

Fakultas Agama Islam (FAI) jurusan Ushuluddin, Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyiapkan 25 kursi bebas SPP. Untuk mendapatkan beasiswa SPP itu, calon mahasiswa harus memiliki rekomendasi dari pengurus Muhammadiyah. Bisa dari pengurus ranting, cabang, maupun daerah. Program ini diharapkan mampu mencetak kader Muhammadiyah siap dakwah.

Hal ini disampaikan oleh Abdul Hasyim, Mpd.I, Koordinator Fakultas Agama Islam jurusan Ushuluddin. Para alumni jurusan Ushuluddin dan donatur lain, bersedia menanggung dana SPP mahasiswa-mahasiswa kader Muhammadiyah tersebut.

Mahasiswa yang dipersiapkan menjadi mubaligh Muhammadiyah itu nantinya akan digembleng dengan cara diterjunkan untuk mengisi pengajian sebagai imam dan khatib masjid atau mushola. Para mahasiswa juga harus siap diterjunkan sebagai da'i di daerah-daerah minus di luar kota Surabaya. Sedikitnya ada 70 masjid dan mushola di Surabaya dan sekitarnya yang akan menjadi tempat pengamalan ilmu para kader.

“Lulusan SMA tahun berapapun akan kami tampung, asalkan mendapat rekomendasi langsung dari pengurus muhammadiyah setempat.” Ucap Hasyim. Proses seleksi akan dijalani calon mahasiswa bila nantinya jumlah pendaftar melebihi quota.

Kelas Jurusan Ushuluddin tahun ajaran 2009-2010 sejatinya telah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Namun pendaftaran masih terbuka sampai bulan depan. Mahasiswa akan bisa langsung berkuliah bila telah melengkapi semua persyaratan administrasi. Perlu dicatata, yang digratiskan hanya SPP dengan besaran nilai berkisar 150 ribu perbulan. Sedangkan untuk biaya di luar SPP yang meliputi biaya pendaftaran, UTS dan UAS, kemahasiswaan, dll, tetap ditanggung oleh mahasiswa.

“Ada kemungkinan mereka yang diterima nanti kuliah di kampus Wiyung atau Kapasan. Untuk pendaftaran silakan datang ke kampus Unmuh Wiyung jalan Mastrip 174 (Surabaya/red)”, imbuh Hasyim.

Perkuliahan jurusan Ushuluddin di jalankan sore/malam hari. Meski kantor fakultas berada di Gadung III Surabaya, proses pengajaran dilaksanakan di kampus Wiyung dan Kapasan.

Selain program bebas SPP bagi mahasiswa yang direkomendasikan oleh pengurus Muhammadiyah, jurusan ini juga menyiapkan potongan SPP hingga 50 % selama 1 tahun bagi pengurus takmir atau remaja masjid yang ingin berkuliah. Adapula keringanan biaya kuliah bagi anak yatim dan dhuafa, bagi mereka juga masih berpeluang memperoleh beasiswa dari pemerintah.

FAI UM Surabaya awal berdirinya terdiri dari 3 (tiga) fakultas, yakni Fakultas Ushuluddin, Tarbiyah, dan Syariah. Pada 1990, tiga fakultas itu berintegrasi menjadi satu dengan nama Fakultas Agama Islam. FAI menggunakan Kurikulum berstandart Nasional dan lokal sebagai perwujudan kompetensi Perguruan tinggi Swasta khas Muhammadiyah. (ded)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.