> TKI Illegal Terlantar, Tersangka Tidak Ditahan | Prigibeach Trenggalek

TKI Illegal Terlantar, Tersangka Tidak Ditahan


Para TKI illegal menunggu di sidik Polisi (PrigiBeach.com)

Trenggalek, PrigiBeach.com

Sukarmin (54) warga RT 03 RW 01 Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Trenggalek bersama sopir yang juga tetangganya, Kusnendar (45) kemarin ditangkap Polisi karena telah membawa 15 calonTKI Illegal. Para calon TKI Illegal yang berjumlah 15 perempuan ini rencananya akan diberangkatkan ke negeri Timur Tengah termasuk Sudan dan Arab Saudi.

Berawal dari kecurigaan petugas dan informasi dari masyarakat jika ada pemberangkatan TKI dengan tanpa biaya apapun dan hanya dengan potong gaji mereka para calon TKI ini akan di tempatkan Sukarmin (tersangka) ke negara-negara Timur tengah. Korban yang rata-rata warga sekitar Kecamatan Dongko itu akhirnya tergiur dengan iming-iming tersangka. Saat Polisi bergerak dan mencegat perjalanan mereka di wilayah Polsek Suruh akhirnya terbukti bila pemberangkatan TKI ini tidak dilengkapi surat-surat yang sah.

Barang bukti berupa 13 Bendel formulir PJTKI dan uang Rp.3,2 juta serta mobil Fan merk Colt T120SS Nopol B 1229 CA langsung diamankan Polisi kemarin Selasa (6/10) sekitar pukul 12 siang. Ketika dikonfirmasi pihak Polres melalui Aiptu Khoiril,S.Pd.,Mhum KBO reskrim Trenggalek tersangka akan dijerat dengan pasal 4 juncto pasal 102 Ayat 1 UURI no 19 Tahun 2004 tentang penempatan dan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia .

Tersangka juga akan dikenakan pasal 6 ayat 1 juncto pasal 18 ayat 1 serta Perda TKI Jawa Timur No 2 Tahun 2004 tentang Pelayanan, penempatan serta pengiriman tenga kerja Indonesia ke luar negeri.

Anehnya tersangka beserta TKI yang akan di berangkatkan kemarin Rabu (7/10) sekitar pukul 15.00 WIB sudah tidak ada di Mapolres Trenggalek . ketika wartawan konfirmasi soal ini , khairil menjawab bila memang TSK tidak di tahan karena masih dalam penyelidikan . padahal kasus ini bisa saja terjadi unsure trafficking. (pbc)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.