> Warga Sidorame-Semampir Bongkar Sendiri Bangunan Liarnya | Prigibeach Trenggalek

Warga Sidorame-Semampir Bongkar Sendiri Bangunan Liarnya

Surabaya, PrigiBeach.com

Puluhan warga pemilik bangunan tanpa IMB menghadang petugas Satpol PP yang berniat membongkar paksa bangunan di sepanjang jalan Sidorame-Semampir, Surabaya, Kamis (22/10). Warga memanfaatkan power kaum ibu, yang mereka anggap lebih berani dan layak meneriakkan hak-hak rakyat kecil. "Kami ingin pemerintah jangan bancinde bancilatan. Bangunane wong cilik dirobohkan, sementara punya mereka yang gede-gede dibiarkan saja" ujar Rohmah, ibu rumah tangga dan ikut dalam aksi itu sambil menyusui anaknya yang masih kecil.

Pasukan warga yang menghadang membuat petugas menunda proses pembongkaran bangunan liar tersebut. Walaupun demikian, M. Ilyas, Kasi Trantib Kecamatan Semampir meminta agar warga melakukan sendiri pembongkaran bangunan. "Kami lakukan penertiban sepanjang jalan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan sepadan jalan di kawasan Sidorame dan Sidotopo" katanya.

Jalur Sidorame-Sidotopo ini adalah akses penting ke Suramadu. Untuk itu semua bangunan harus dibersihkan dan Pemkot ingin mengembalikan fungsi tanah sepadan untuk taman, bahu jalan untuk trotoar dan transportasi.

Dalam operasi ini Pemkot menurunkan 108 personel gabungan dari Satpol PP Semampir yang dibantu 6 Satpol PP kecamatan di Surabaya dan Dinas Perhubungan. Sasaran operasi sebanyak 37 bangunan liar. Sebelumnya, 2 bulan lalu pemkot sudah melakukan sosialisasi dan meminta warga membongkar sendiri bangunan tersebut. Namun sampai hari ini, mereka masih ada yang bandel.

Meski sempat bersitegang dengan petugas, berkat langkah persuasif petugas, sebagian pemilik bangunan akhirnya membongkar sendiri bangunannya. Tapi tak urung, akibat aksi hadang dari warga tersebut sempat memacetkan arus lalu lintas dari arah Sidotopo menuju Sidorame.(ded)

0 Komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan entry blog ini, sudilah menuliskan komentar di sini.
Terimakasih.